,     Bhagavad Gita : Manusia dibentuk dari keyakinannya. Apa yang ia yakini, itulah dia

Universiti Utara Malaysia (UUM) mengadakan lawatan akademik ke sejumlah universitas di Aceh dari 10-13 Desember 2014. Tiga delegasi UUM yang mengadakan lawatan tersebut adalah Dr Haniff Jedin, En. Hisham dan En. Rashidi. Saat tiba di UUI, ketiganya disambut Rektor UUI Marniati SE MKes. Dalam perbincangan dengan Rektor, Dr Haniff menyampaikan perkembangan UUM akhir-akhir ini dan rencana penjajakan kerjasama dengan UUI dalam hal akademik. Saat ini kata Dr Haniff UUM sudah melakukan kerjasama Program Double Degree dengan sejumlah Universitas di Indonesia. Diantaranya Universitas Negeri Padang, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Malang dan UIN Ar-raniry.

Untuk program Double Degree ini, kata Haniff mahasiswa dipersyaratkan untuk mengambil kuliah dua tahun di universitas asal dan dua tahun lagi di UUM. Mahasiswa yang lulus di program ini juga akan mendapatkan dua ijazah dan mengikuti dua prosesi wisuda.

Rektor UUI menyambut baik pelaksanaan program tersebut. Kata Rektor selama ini Pemerintah Indonesia juga sedang menggalakkan program double degree dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Dengan menyandang ijazah dari luar negeri peluang kerja bagi mereka akan lebih terbuka lebar. Rektor juga menjelaskan mengenai rencana UUI untuk membuka kelas internasional, program KKN internasional dan mobilitas mahasiswa.

Dalam pertemuan dengan jajaran dosen UUI, delegasi UUM juga presentasikan tentang keberadaan kampus UUM di Sintok, Kedah serta berbagai program master dan doktoral. Umumnya program yang ditawarkan adalah PhD dan Master di bidang Manajemen, Akuntansi, Komputer, Hukum, Pendidikan dan Ilmu Sosial Lainnya.

DR Haniff juga menyampaikan bahwa  salama di Banda Aceh, mereka akan mengadakan lawatan ke sejumlah universitas lainnya sperti Unsyiah, UIN Arraniry, dan Unmuha.  Mereka juga menggelar pameran pendidikan selama satu hari di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Copyright © 2014. BAPSI-TEAM UUI. All Rights Reserved.